Banner

Sabtu, 11 Oktober 2014

Batik Cirebon - Pengusaha Batik Siap Hadapi MEA

Batik Cirebon Batik Indonesia
Pengusaha Batik Siap Hadapi MEA
Batik Cirebon - Lantaran tidak mungkin menolak,  pengusaha batik di  Kota Pekalongan kini telah mempersipakan diri untuk menyambut pasar bebas Masayarakat Ekonomi Asean (MEA). Mereka siap bersaing dengan produk dari negara lain tahun 2015  mendatang.
Salah satu pengusaha batik Haris Riyadi menuturkan, tahun 2015 seluruh produk dan jasa dari negara anggota Asean diperdagangkan bebas tanpa ada hambatan,agar bisa tetap bertahan dan bersaing,  pelaku industri batik dituntut harus bisa  menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu, mereka juga harus mampu  lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan produk..“Hal itu tidak bisa ditawar lagi dan harus dihadapi pelaku industry, jika ingin tetap eksis dan maju di kancah globalisasi ”katanya.
Batik Cirebon - Sementara beberapa pengusaha lainya, seperti H Samsudin menuturkan, pasar bebas regional tidak hanya menuntut pelaku usaha saja yang harus kretatif, namun juga pemerintah daerah untuk mempersipakan daya saing pelayanan yang mumpuni.Mengingat akan terjadi persaingan yang ketat dan sehingga pemerintah harus pro aktif melakukan sosialisasi dan promosi tentang produk daerahnya. Selain itu pemerintah dituntut untuk lebih bisa melakukan terobosan  mengembangkan lagi pemasaran produk lokal hingga ke mancanegara. “Apalagi selama ini Pekalongan terkenal dengan produk batiknya yang hebat,”katanya,

Produk Unggulan Batik di Indonesia

Indonesia memiliki banyak produk unggulan batik, di banyak daerah Indonesia merupakan sentra pengrajin turun temurun. Di batik cirebon misalkan, di Cirebon terkenal dengan batik trusmi. Itu yang sebenarnya bisa membuat diferensiasi dengan negara lain. Yang tidak kalah penting lagi, Indonesia harus yakin dengan produk buatannya sendiri. Cinta produk dalam negeri pun sangat penting untuk mengarungi pasar bebas atau di sebut MEA. Karena beberapa orang masih menganggap, produk luar negeri lebih berkualitas, padahal tidak demikian. Maka dari itu, dimulai dari mencintai produk dalam negeri sendiri maka kita membantu perekonomian Indonesia dan membantu produk-produk dalam negeri untuk mampu bersaing di pasar bebas MEA.(batik cirebon)

0 komentar:

Posting Komentar